Penanganan Kualitas Air Kolam dengan Empat Filter Penting

kualitas air kolam

[Kadena Farm] Penanganan kolam ikan koi yang baik perlu juga memperhatikan beberapa hal penting terkait kualitas air kolam. Menjadi penting karena terkait kebersihan dan kesehatan air kolam agar tetap terjaga dan ikan koi kesayangan pun dapat terhindar dari penyakit.

Selain sumber air yang bersih, terdapat cara yang juga perlu dipertimbangkan dalam menjaga pasokan air ke kolam tetap baik. Cara itu adalah penggunaan filter-filter air khusus untuk kolam ikan.

Setidaknya ada empat filter yang perlu dipasang agar kebersihan serta kelancaran pasokan air ke kolam dapat berjalan baik.

  • Filter pertama, Anda bisa membuatnya dengan memasukkan kerikil, pasir, dan ijuk. Tujuannya adalah untuk menyaring sampah dan lumpur berpotensi dapa mengotori kolam koi kesayangan Anda.
  • Selanjutnya pada filter yang kedua Anda dapat memasukkan karbon zeolite ke dalamnya. Kandungan karbon zeolite berfungsi dalam menghilangkan racun yang berbahaya bagi koi Anda. Selain itu juga dapat menghilangkan bau tak sedap serta dapat membunuh bibit-bibit penyakit.
  • Filter yang ketiga adalah pestisida. Penggunaan pestisida di sini tentu saja yang tidak mematikan bakteri pengurai di kolam. Pasalnya bakteri tersebut berperan dalam proses penjernihan air kolam.
  • Terakhir adalah tanaman atau bebatuan. Penggunaan tanaman atau bebatuan juga dapat berfungsi dalam mengikat kotoran.

baca: Persiapan Kolam Tanah untuk Pembibitan Nila

Cara penyaringan air semacam ini memerlukan penggantian air setidaknya dua minggu sekali. Tujuannya agar dapat menghindarkan kolam dari zat-zat beracun yang berasal dari sisa-sisa makanan yang terurai menjadi nitrit berbahaya.

Kadar pH Air dan Pompa untuk Kualitas Air Kolam Koi Anda

Selain penggunaan beberapa filter di atas, tentungya derajat keasaman (pH) air yang cocok untuk pertumbuhan koi juga perlud diperhatikan. Air yang aman bagi habitat koi adalah air yang mengandun pH 6,5 – 8,5.

Selanjutnya untuk sirkulasi air, Anda bisa memasang pompa yang mampu menyalurkan air setidaknya sebanyak 25 liter per menit. Penggunaan metode ini akan memudahkan Anda, karena dapat mengurangi frekuensi Anda dalam membersihkan air kolam. Namun Anda tetap perlu membersihkan filter dan bak filternya. Caranya, tinggal semprotkan dengan air bersih pada bagian filter selama 5 – 10 menit.


by: IndonesiaHosting