Simak Cara Mengatasi Penyakit Lumpur pada Koi Berikut Ini

penyakit lumpur pada koi

[Kadena Farm] Ikan koi kesayangan yang sakit bisa saja disebabkan karena adanya gangguan parasit dan nonparasit. Tidak sedikit jenis-jenis parasit yang sering menyerang koi. Beberapa di antaranya adalah white spot (bintik putih), kutu ikan (udang renik), lernaea (cacing jangkar), dan jamur (kapas putih). Jenis-jenis tersebut tergolong parasit luar. Sementara penyakit non-parasit yang banyak menyerang meliputi penyakit gelembung renang dan balon gas.

Namun demikian penyakit yang bisa menyerang koi juga bisa disebabkan karena faktor pakan yang kita berikan. Penyakit yang biasa disebabkan karena faktor pakan salah satunya adalah penyakit lumpur pada koi.

Penyakit yang dikenal dengan penyakit lumpur pada koi timbul akibat pemberian pakan yang mengandung protein berlebihan dan suhu air rendah. Kondisi ini mengakibatkan kulit koi mengalami iritasi, demikian pula dengan pembuluh darahnya juga mengalami infeksi bakteri. Kesehatan koi Anda akan kembali pulih apabila Anda segera mengkondisikan air kolam Anda. Yakni dengan megganti air kolam dengan yang baru dan bersih.
baca: Gejala Penyakit White Spot pada Koi dan Cara Mengatasinya

Tips Mengatasi Penyakit Lumpur pada Koi

Agar penyembuhannya dapat dilakukan dengan cepat, mengatasi penyakit lumpur pada koi dapat dilakukan dengan cara perendaman dengan garam dapur. Lakukan ini setiap hari dan diamkan selama satu jam sampai ikan benar-benar sembuh.

Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan beberapa tetes Merchurochrome. Campurkan beberapa tetes  dengan satu sendok Aureomycin ke dalam pakan koi.

Selanjutnya jika koi Anda sedang menjalani proses penyembuhan, berilah koi Anda pakan berupa selada atau kobis. Selada atau kobis merupakan pakan terbaik bagi koi yang mengalami gejala penyakit lumpu. Pasalnya kedua sayuran tersebut dapat berfungsi untuk mengembalikan kondisi kerja lambung.


by: cyberku.com