Simak Cara Membersihkan Kolam Koi Berikut Ini

membersihkan kolam koi

[Kadena Farm] Berbagai cara dapat dilakukan agar kolam koi kita dapat senantiasa bersih dan menyehatkan bagi koi-koi kesayangan kita. Berikut ini akan dipaparkan cara membersihkan kolam koi.

baca juga >>> Mengatasi Ikan Yang Baru Dipindahkan

Cara Membersihkan Kolam Koi

Memakai serokan

Puing-puing atau dedaun-an yang jatuh ke dalam kolam koi akan lebih mudah dibersihkan dengan serokan. Anda tinggal memodifikasi serokan tersebut agara memungkinkan kita untuk menjangkau seluruh areal kolam.
Gunakan bahan dari kain trililin yang setidaknya dapat menyerap air. Buih-buih air dan endapan kotoran lumut juga mudah dibersihkan dengan tekhnik ini.

Sistem sifon

Cara praktis dari teknik ini adalah dengan menggunakan slang plastik yang biasa untuk menyalurkan air dari kran. Gunakan selang, sekitar 5 meter untuk kolam, yang sempit, atau pakai 10 meter  bila kolamnya lebih luas. Dilakukan dengan sistem elevasi, agar kotoran dan air tersedot keluar bersamaan lewat slang. Masukkan ujung selang ke dalam air dilanjutkan degan ujung yang satunya lagi. Saat ujung pertama dimasukkan, jaga agar ujung ini tidak muncul ke permukaan air. Buat seluruh bagian slang terisi air dan hindari gelembung udara yang nyasar masuk. Usai seluruh slang berisi dengan air, lalu tarik salah satu ujung slang. Tutup dengan jempol agar air tetap berada di dalam slang. Selanjutnya bawa ke tempat yang lebih rendah agar air dalam kolam dengan mudah mengalir keluar.
Letakkan ujung selang yang di kolam pada bagian kotor, agar dapat membuang kotoran yang mengendap.

Sistem tekanan air

Cara kerja teknik ini mirip dengan prinsip seperti sifon, bedanya kolam harus dilengkapi dengan lubang pada bagian tengahnya. Baiknya setiap kolam dilengkapi dengan lubang ini dengan memasang pipa pralon sebesar 1 atau 2 inchi. Sambungkan dengan paralon yang agak panjang pada bagian luar kolam. Selanjutnya lubang pralon sebelah dalam disambung dengan slang. Saat tidak dipakai, lubang ini ditutup dengan pralon pendek yang dihadapkan ke atas. Teknik ini memungkinkan kita membersihkan kotoran kolam kapanpun kita mau.

Perpaduan Sifon dan Tekanan Air

Cara ini memungkinkan air kotor di dasar kolam dapat keluar karena tekanan air yang masuk lewat pintu pemasukan air. Air kotor yang dibuang secara teratur setiap hari sudah bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan ikan.

Sistem pompa

Saat ini sudah banyak tersedia pompa kecil yang mampu mengeluarkan air dan kotoran-kotoran. Selain itu pompa kecil ini juga bisa dipakai untuk menambah sistem aerasi pada kolam. Apabila pompa hanya dipakai untuk membersihkan air, ada baiknya dioperasikan hanya pada pagi hari. Umumnya kotoran masih mengendap di dasar kolam dan ikan belum begitu aktif saat pagi hari.

Sistem sirkulasi air

Membersihkan kolam koi dengan teknik ini merupakan cara yang efektif dan efisien untuk membersihkan air kolam koi kita. Perlu membangun penyaring mini di samping kolam, bisa permanen ataupun menggunakan bak fiberglass. Selanjutnya air dari kolam dinaikkan dan setelah melewati unit filter air kembali masuk ke dalam kolam dalam keadaan bersih. Unit penyaring diberi busa agar dapat menghambat kotoran-kotoran supaya tidak terikut air.


by: IndonesiaHosting