Pakan Koi Alami dengan Zat Karoten, Bantu Cerahkan Warna Koi

pakan koi alami

[Kadena Farm] Memiliki koleksi ikan koi dengan warna yang cerah dan cemerlang juga merupakan dambaan bagi setiap pemilik dan peternak koi. Menyediakan pakan koi alami yang kaya zat karoten dapat membantu dalam mencerahkan dan membuat warna koi lebih cemerlang. Namun perlu diingat, pemberian pakan ini hanya sebagai variasi agar koi tidak terus-menerus mengonsumsi pakan khusus yang mengandung color enhancer.

Selain perlu diberi asupan pakan yang mengandung color enhancer, koi juga perlu mendapatkan pakan alami namun tinggi kadar zat karoten. Beberapa jenis pakan dari tumbuhan untuk koi yang mengandung zat karoten antara lain: wortel, alga, ganggang spirulina, chlorella, semangga, sawi, kubis dan cabai hijau. Selanjutnya yang hewani bisa kepiting, udang-udangan, krill, trout, salmon, kutu air, jentik nyamuk, cacing rambut maupun cacing darah.

Berikut di bawah ini akan dipaparkan pul cara membuat pakan untuk mencerahkan warna pada koi. Bahan dasar yang digunakan adalah kerapas kepiting dan udang.

  1. Rendamlah pelet ikan koi ke dalama air hangat selama kurang lebih 15 menit.
  2. Lanjutkan dengan menggiling kulit udang dan kerapas kepiting sampai halus.
  3. Lalu campurkan pelet yang sudah melunak dengan kerapas kepiting dan kulit udang yang sudah digiling sebelumnya
  4. Gunakan perbandingan untuk pelet, kulit udang dan kerapas kepiting 8:1:1

Anda juga dapat membuat pasta dengan kulit udang dan kerapas kepiting tersebut menggunakan air dan kanji. Selanjutnya berbagai campuran bahan ini bisa dikukus dan disimpan untuk diberikan sebagai pakan koi.

baca artikel sebelumnya >>> Penyebab Munculnya Warna pada Ikan Koi

Tidak Cukup Hanya dengan Pakan Koi Alami

Pemberian pakan koi alami tersebut dapat Anda lakukan pada pagi dan sore hore. Gunakan dosis dengan perbandingan 1/40  dari berat koi, yang sesuai anjuran dosis dari dinas perikanan. Dapat dicontohkan sebagai berikut, ikan koi dengan panjang 30 cm dapat diberikan 2 butir pasta dangan ukuran sebesar biji kelereng.

Perlu Anda ketahui bahwa membentuk warna koi agar cerah dan cemerlang tidak hanya melalui pakan. Diperlukan pula penggunaan obat-obatan agar lebih efektif. Beberapa obat-obatan yang bisa Anda tambahkan dalam pakan koi antara lain: serbuk cr-5, serbuk cr-6, astaxantine dan spirulina powder.

pakan koi alami

Spirulina Powder yang sebagai bahan yang biasa digunakan untuk mencerahkan warna koi

 

Sebaiknya terlebih dulu perhatikan dosis dan cara pakai dalam petunjuk produknya. Beberapa obat-obatan biasanya dicampurkan di air dan dicampurkan dalam pakan koi.


by: IndonesiaHosting