Tips Memilih Ikan Koi untuk Ikan Hias

Tips Memilih Ikan Koi untuk Ikan Hias

[Kadena Farm] Pemilik ikan koi baru setidaknya perlu mempelajari kriteria dasar ikan koi yang ideal sebelum membeli dan membawanya pulang. Ikan koi yang memiliki kualitas unggul biasanya memiliki kondisi tubuh yang sehat, seimbang dan proporsional.

Melansir langsung dari ikankoi.org, berikut ini akan dipaparkan beberapa tips memilih ikan koi untuk ikan hias.

Tips Memilih Ikan Koi untuk Ikan Hias

  1. Pilihlah ikan koi yang berbadan ideal, perbandingan antara panjang dan tinggi tubuhnya yaitu 1:2 atau 1:3. Ikan koi yang ideal biasanya jika dilihat dari atas memiliki tubuh yang bulat memanjang, tidak kegemukan.
  2. Carilah koi dengan garis punggung yang lurus dan hindari memilih yang punggungnya melengkung.
  3. Koi dengan sirip yang seimbang baik di kanan dan kiri tubuhnya akan dapat berenang dengan seimbang pula. Ikan koi semacam ini patut Anda miliki untuk menghiasi kolam atau aquarium di rumah.
  4. Tubuh ikan koi dengan sirip dada dan sirip perut yang sama besarnya juga merupakan koi yang ideal. Carilah yang bentuknya demikian.
  5. Demikian pula dengan sirip punggung dan sirip ekor yang proporsional. Terutama koi yang memiliki sirip punggung tegak dan tidak miring merupakan koi dengan tubuh yang proporsional.
  6. Amatilah bentuk kepalanya, antara mata, mulut serta insangnya apakah serasi atau tidak. Hindari memilih ikan koi yang terlalu mancung, atau terlalu masuk karena timbunan daging.
  7. Perhatikan pula apakah hidungnya terlalu terbuka atau tidak, bisa jadi koi tersebut pernah mengalami gangguan pada insangnya.
  8. Memiliki ikan koi yang berwarna cerah dan kontras merupakan idaman bagi setiap pemiliknya. Misalnya Koi jenis Kohaku, jenis ini memiliki warna merah yang cerah dan putih yang seputih salju. Pilihlah yang warnanya tidak bercampur dengan warna lain, misal agak kekuning-kuningan.
  9. Ikan koi yang tidak sehat, akan berenang secara limbung atau bergeraknya sangat lambat, bisa juga hanya diam di dasar kolam. Insang yang bergerak terlalu cepat juga menandakan kondisinya sedang kesulitan bernapas. Jauhi memilih koi dengan kondisi seperti itu.
  10. Lazimnya ikan koi yang baik senang berkumpul dengan kawan-kawannya. Koi yang tidak sehat biasanya menjauh dari kawanannya.

Demikian lah beberapa tips memilih ikan koi untuk ikan hias yang mungkin bisa bermanfaat bagi Anda.


baca juga informasi >>> Tips Dasar Sebelum Memelihara Ikan Koi