Mengatasi Ikan Yang Baru Dipindahkan

[Kadena Farm] Ikan juga butuh adaptasi, terlebih jika dipindahkan dari satu tempat ke tempat baru yang mungkin juga berbeda jauh habitatnya. Penanganan pemindahan ikan yang keliru bisa berakibat fatal dan menyebabkan kematian ikan.

Berikut di bawah ini akan dipaparkan beberapa cara mengatasi ikan yang baru dipindahkan.

Mengatasi Ikan Yang Baru Dipindahkan

  • Amati terlebih dulu kondisi ikan yang baru Anda beli atau baru Anda pindahkan. Apakah ikan,  kantong plastik dan kondisi air dalam kantong baik atau tidak. Baik artinya ikan tampak sehat, air tidak keruh dan kantong plastik tidak kempes. Apabila semua sudah sesuai, ikan dapat Anda masukkan ke kolam atau bak karantina.
  • Siapkan bak karantina: Sebaiknya terlebih dulu diisi air dan telah diendapkan minimal sehari-semalam. Setelah itu juga perlu diberi aerasi dan sirkulator (opsional).
  • Ambangkan terlebih dulu Ikan baru dan kantongnya di bak karantina minimal 15 menit. Lebih baik lagi jika suhu pada kedua tempat tersebut mendekati. Bahkan jika memang diperlukan, Anda bisa terlebih dulu mengecek kadar pH dan amonia air nya.
  • Setelah menyamakan suhu air, ambil ember diisi air dari bak karantina secukupnya. Larutkan garampada ember tersebut.
  • Selanjutnya Anda bisa memandikan ikan atau membilasnya dengan dimasukkan di ember, dielus-elus disekujur tubuh dan siripnya. Lakukan hal ini untuk ikan besar, sampai 15 detik. dan ikan kecil, kurang dari 20 cm: 5-10 detik.
  • Usai membilasnya dengan air garam, angkat ikan dan Anda pun dapat memasukkannya ke bak karantina.

Demikian beberapa cara mengatasi ikan yang baru dipindahkan, semoga bermanfaat dan ikan Anda tetap dalam keadaan sehat.


by: IndonesiaHosting