Gejala Penyakit White Spot pada Koi dan Cara Mengatasinya

penyakit whitespot pada koi

[Kadena Farm] Penyakit “white spot” atau penyakit yang disebebkan oleh protozoa ini dapat menyerang berbagai jenis ikan air tawar, termasuk koi. Penyakit white spot pada koi ini juga sering disebut orang dengan penyakit “Ich” yang berasal dari bakteri ichtyophtirius multifilis.

Perlu diketahui juga, bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang berpotensi mematikan. Inang dari parasit ini juga diketahui bervariasi. Siklus hidup serta caranya dalam memperbanyak diri, berperan dalam berjangkitnya penyakit white spot pada koi.

baca juga >>> Mewaspadai Penyakit Lernaea pada Ikan Koi

Gejala Penyakit White Spot pada Koi

Ikan-ikan koi yang terjangkit white spot pada umumnya akan menampakkan bintik-bintik putih pada sirip, tubuh, insang atau kulit. Bintik-bintik itu sendiri sebenarnya adalah parasit itu sendiri yang diselimuti lapisan transparan.

Secara khusus, ikan koi yang terkena parasit ini akan menggosok-gosokkan tubuhnya pada benda lain sebagai respon iritasi yang terjadi pada tubuhnya. Apabila terjangkitnya sudah parah, maka koi akan mati karena terganggunya sistem osmotik pada tubuhnya. Baik itu gangguan pernapasan maupun karena infeksi sekunder lainnya.

Tampak sekilas, penyakit white spot atau “Ich” tampak seperti ikan sedang terkena jamur. Bedanya jika ikan koi mengalami jamuran, maka akan menyebar ke seluruh tubuhnya. Sementara white spot hanya menimbulkan bintik-bintik, namun sangat berbahaya.

Betapapun tergolong sukar diatasi, beberapa cara berikut yang dilansir langsung dari hobibinatang.com ditengara dapat mengobati penyakit tersebut.

  • Siapkan garam dapur (Na Ca) 10 -15 g/liter
  • Pindahkanlah ikan koi yang tergejala white spot ke dalam air yang sudah dilarutkan garam dapur sebelumnya pada wadah terpisah
  • Pengobatan lainnya, bisa menggunakan larutan obat Malacheet Green dengan dosis 0,006 mg/liter.
  • Lakukan proses tersebut dalam jangka 3 – 4 hari hingga ikan koi sembuh.

Mengatasi dengan cara tersebut, masih dimungkinkan untuk menyembuhkan gejala white spot pada ikan koi jika belum terlambat.


by: IndonesiaHosting