Penyebab Munculnya Warna pada Ikan Koi

warna pada koi

[Kadena Farm] Warna pada ikan koi diperoleh karena adanya Chromatophores. Chromatophores itu sendiri merupakan pigmen penghasil warna yang terletak pada sel kulit ikan koi. Terdiri atas pigmen merah (erythrin), hitam (melanin), dan kuning (xanthin).

Koi bisa memiliki lebih dari satu warna, karena itu terbentuk dari gabungan dua atau tiga pigmen warna tersebut. Koi berwarna orange, misalnya. Warna itu diperoleh dari gabungan pigmen warna merah dan pigmen warna kuning. Demikian halnya dengan koi yang berwarna coklat, itu merupakan gabungan pigmen warna hitam dan kuning. Jadi, apabila sel kulit dari suatu koi tidak mengandung chromatophores, maka koi itu hanya akan berwarna putih (albino).

baca juga >>> Faktor-Faktor dalam Pewarnaan Ikan Koi

Ketajaman Warna pada Ikan Koi

Koi yang memiliki chromatophores dekat di permukaan kulit, akan memiliki warna yang cerah dan terang. Namun pigmen warna tersebut tidak bisa disintetis sendiri oleh ikan koi, melainkan didapat dari konsumsi pigmen warna yang terdapat pada makanan.

Para breeder sering menggunakan makanan ini untuk dapat mengatur pola ketajaman dan kecerahan warna pada ikan koi. Makanan itu adalah pakan koi dengan color enhancer. Ini merupakan cara pertama untuk membuat ikan koi berwarna lebih cerah.

Koi yang semula memiliki kualitas warna yang bagus, bisa menurun kualitasnya jika pakan yang diberikan tidak menambahkan unsur penguat pigmen warna. Itulah salah satu fungsi dari pakan dengan color enhancer.

Namun perlu untuk diperhatikan, hindari pemberian pakan dengan color enhancer sampai berlebihan. Apabila Anda memberikannya berlebihan, misalnya kepada koi Kohaku, maka warna putihnya akan menjadi merah muda. Mengapa? Itu disebabkan pigmen erythrin pada koi terlalu kuat, sehingga melemahkan warna putih bersih yang terdapat pada jenis kohaku itu sendiri.


by: IndonesiaHosting.net