Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi

Mengenal berbagai jenis ikan koi

[Kadena Farm] Mengenal berbagai jenis ikan koi bisa menjadi hal yang mengasyikkan. Hal ini karena koi pada dasarnya memang merupakan ikan air tawar yang kaya akan ragam jenisnya. Pembudidayaannya selama ini juga dilakukan dengan beragam cara. Pengelompokan Jenis ikan koi ini dilakukan berdasrkan pola warna yang yang terdapat pada koi. Makin cemerlang warna yang dimilikinya, makin tinggi pula harga jualnya di pasaran.

Terdapat tiga kelompok yang selalu memenangkan Grand Champion, yakni Kohaku, Taisho Sanke dan Showa Sanshoku. Dari ketiganya, yang terbanyak adalah Kohaku. Tiga kelompok ini juga disebut dengan “Gosanke” atau “Tiga Besar”

baca juga >>> Faktor-Faktor dalam Pewarnaan Ikan Koi

Tiga Jenis Ikan Koi Yang Terkenal

  • Kohaku
    Kohaku adalah ikan hias koi yang memiliki warna dasar putih dengan bercak merah (SNI 7734:2011). Jenis ini merupakan yang paling populer di antara jenis lainnya. kohaku marutenPasalnya corak warna yang dimiiliki koi jenis ini mengingatkan orang pada bendera kebangsaan Jepang.

 

  • Sanke/Taisho Sanshoku
    Jenis Sanke memiliki warnda dasar putih dengan bercak merah dan hitam (SNI 7734: 2011). Variasi dari jenis Sanke ini ada yang berupa corak hitam di atas merah dan disebut Kasane Sumi. Corak hitam di atas putih disebut Tsubo Sumi.

tsubo sumi

 

  • Showa
    Ikan koi yang berjenis showa memiliki warna dasar hitam dengan bercak berwarna merah dan putih. Bila warna merahnya menonjol pada punggung, disebut dengan Hi Showa. Sementara jika warna putihnya yang lebih dominan disebut Kindai Showa.

showa