Koi Hanako, Koi Tertua

koi hanako

[Kadena Farm] Memelihara ikan koi tentu belum lengkap jika belum mengenal koi yang begitu legendaris karena usianya yang tertua. Koi legendaris itu bernama Hanako. Hanako hidup sebagai koi tertua dari semua sejarah ikan koi yang pernah tercatat.

Hanako menetas pada tahun 1751 dan hidup sampai usia tua selama 226 tahun, lalu mati pada tahun 1977. Ikan ini adalah ikan koi betina yang cantik dan hanako itu sendiri memiliki arti ‘gadis bunga’. Ikan koi Hanako ini dimiliki oleh Dr. Komei Koshihara, seorang Presiden of Women College, suatu sekolah kaum hawa di Nagoya.

Koi Jepang yang terkenal ini hidup melalui Revolusi Industri, Amerika dan Prancis. Koi Hanako juga telah melalui pembentukan Amerika Serikat, penemuan listrik dan mobil. Selamat dari Perang Dunia I dan II dan bahkan hidup dalam Perang Vietnam. Itu satu rentang umur yang panjang! Sementara kebanyakan koi lainnya hanya hidup pada usia 30 – 40 tahun.

 

Bagaimana Koi Hanako Menunjukkan Umurnya

Umur Hanako sebenarnya diverifikasi dengan menganalisis cincin pada sisiknya. Sama seperti bagaimana para dendrologists menentukan umur pohon dengan menghitung jumlah cincin pertumbuhan pada kayu. Cincin pertumbuhan pada skala Hanako ini juga dihitung menggunakan mikroskop cahaya.

Pertumbuhan cincin pada skala menunjukkan pola pertumbuhan yang luas diikuti oleh pertumbuhan yang lebih sempit. Perbedaan lebar cincin mencerminkan perubahan musiman musim panas dan musim dingin.

Selama musim panas, ikan makan lebih banyak dan tumbuh lebih banyak sehingga menghasilkan pola cincin pertumbuhan yang lebih luas. Pertumbuhan yang lebih sedikit karena adanya metabolisme yang lebih lambat selama cuaca dingin.

Semula Hanako diambil dari kolam di pegunungan dalam di Provinsi Mino. Dua sisik dari berbagai bagian tubuhnya diambil dengan pinset. Cincin tahunan individu dalam skala ini diambil juga dengan susah payah.

Selanjutnya dianalisis selama dua bulan di Laboratorium Ilmu Hewan, Kolese Wanita Nagoya oleh profesor Masayoshi Hiro. Baik Dr. Koshihara dan Profesor Hiro sangat terkejut ketika Hanako ditemukan telah berusia 215 tahun saat itu.

Usai penemuan tersebut, sisa lima ikan koi di kolam yang sama juga diperiksa. Setelah analisis selama setahun, hasilnya menunjukkan bahwa ternyata mereka juga berusia di atas 100 tahun.

Sejauh ini tidak ada yang tahu apa alasan pastinya hingga bisa setua itu. Ada yang mengatakan mungkin karena air jernih pegunungan Jepang, mungkin pula karena cinta dan perhatian pemiliknya adalah kuncinya.

Ikan mas Koi umumnya merupakan ikan berumur panjang dengan umur sekitar 50 tahun. Namun, ada banyak ikan mas yang hidup lebih dari satu abad. Inilah salah satu alasan mengapa ikan mas koi mendapatkan begitu banyak kekaguman di Jepang dan seluruh dunia juga.